Seputar YAI

The short URL of the present article is: http://wp.me/PWcR7-2

Yayasan Autisma Indonesia (“YAI”) terbentuk didasari oleh kegelisahan beberapa orangtua yang kebetulan merupakan pasien dr. Melly Budhiman; karena belum adanya wadah bagi orangtua dengan anak-anak autistik di Indonesia.

Kegelisahan tersebut disampaikan kepada dr. Melly Budhiman yang kemudian berinisiatif mengumpulkan beberapa orangtua dan profesional di suatu Sabtu cerah di ruang rapat RS MMC (“Metropolitan Medical Centre”) Jakarta.

Sesudah beberapa kali pertemuan informal, dibentuklah sebuah Yayasan dengan membuat akta notaris. Akte notaris pertama dibuat 12 Maret 1997.

Pendiri ketika itu adalah Bimo Wicaksono, Mulyanti Zafar, Dyah Puspita, Hardi Solaiman, Melly Budhiman, Theresia Wibisono, Henrika Halim, Iramaswaty Kamarul, Harris Ferry Sitorus, Ika Widyawati, Hardiono Djuned Pusponegoro, Rudy Sutadi, Jenner Yusman.

Kemudian dibentuklah pengurus, dengan formasi:

Ketua: Melly Budhiman
Wakil Ketua I:  Bimo Wicaksono
Wakil Ketua II: Rudy Sutadi
Sekretaris I: Ronny Halim
Sekretaris II: Mulyanti Zafar
Bendahara I:  Shanti Nasution
Bendahara II: Lisa Sitorus

Pada tahun 2003, peraturan pemerintah menetapkan perubahan bentuk Yayasan menjadi Perusahaan sehingga harus dilakukan perombakan. Maka dibuatlah rapat besar yang dihadiri oleh pendiri dan pengurus inti YAI. Rapat pada akhir tahun 2003 tersebut menetapkan perombakan besar-besaran, dan hal tersebut dilaksanakan dengan pertemuan antara pihak notaris dengan pihak YAI, yang dihadiri oleh dr. Melly Budhiman, dr. Hardiono Pusponegoro, Rudy Sutadi, Dyah Puspita, Ika Widyawati, Ira Kamarul, Bimo Wicaksono, Zafar Idham, Harris Sitorus.

Pada akhirnya pada tanggal 9 Januari 2004 diterbitkanlah akte notaris (yang sampai sekarang masih berlaku) dengan susunan:

Pembina: Dr. Iramaswaty, dr. Ika Widyawati, Zafar D. Idham
Pengawas: Bimo Wicaksono

Pengurus:
Ketua Umum: dr. Melly Budhiman
Ketua I:  Theresia Wibisono
ketua II:  dr. Hardiono D. Pusponegoro
Sekretaris Umum: Dyah Puspita
Sekretaris I:  Leny Marijani
Bendahara Umum: Elizabeth Lisa Chandra
Bendahara I:  Wendradi Dodi Sarah Bey  (Sarah Hadad)
Anggota pengurus: Dhani Widjanarko, Karnajaya Pandji Putra, Henrika Halim (Lisa Bakri), Marida Bimo, Rini Pramesti, Detty Sudibyo, Lies Dina.

Pada beberapa tahun berikutnya terjadi perubahan secara informal dalam susunan pengurus dimana ibu Leny Marijani pindah ke Australia sehingga non-aktif dengan sendirinya, dan ibu Lisa Chandra Sitorus mengundurkan diri dari posisinya sebagai bendahara, demikian pula dengan Lisa Bakri.

  • Yayasan Autisma Indonesia
    Jasmine Tower Lt. 2, #CC02,
    Apartemen Kalibata City
    Jl. Kalibata Raya no. 1,
    Jakarta 12750
    Tlp. 0851 01 555 643
    [email protected]

     

    Instagram