Seminar 2015: “The Life Cycle of Individuals with Autism”

The short URL of the present article is: http://wp.me/PWcR7-df

 

Tanggal: 25 & 26 April  2015
Indonesian Banking School
Jl. Kemang Raya no. 35, Jakarta Selatan

 UPDATE:

  • 17 April – Biaya seminar TURUN; menjadi Rp. 500.000 untuk 2 hari. Kami mendapat bantuan dana untuk membiayai seminar ini sehingga harga seminar bisa ditekan :)

Links bantuan:

 

klik disini untuk unduh flyer Seminar 2015

Latar Belakang

Autisme merupakan masalah perkembangan pada anak-anak yang kini banyak dibahas dan diteliti. Selain karena jumlah anak-anak yang menunjukkan ciri-ciri autisme meningkat dengan pesat, autisme merupakan masalah yang sangat kompleks sehingga perlu ditangani secara fisik, kognitif, psikologis dan sosial. Penanganan menjadi sulit karena setiap anak dengan autisme memiliki ciri-ciri yang berbeda walaupun hambatan/masalah mereka sama, yaitu dalam komunikasi, interaksi sosial,  sensorik dan minat yang sempit. Oleh karena itulah kini autisme lebih dikenal dengan istilah “gangguan spektrum autisme”.

Seperti halnya individu pada umumnya, anak dengan autisme akan melewati siklus kehidupan yang dimulai sejak masa bayi sampai masa dewasa akhir. Pada setiap tahapan terjadi sejumlah perubahan yang disertai tugas-tugas perkembangan yang harus diselesaikan. Hambatan yang besar dalam perkembangan kognitif, emosi, motorik, dan interaksi sosial dialami oleh anak-anak dengan autisme sejak mereka berusia di bawah 3 tahun. Oleh karena itulah mereka membutuhkan penaganan yang tepa agar bisa melewati tahapan-tahapan perkembangan dengan lebih baik. Dengan penanganan yang tepat, sebagian dari mereka mampu berkembang dengan cukup baik dan mengikuti pendidikan di sekolah normal. Namun demikian, banyak pula yang membutuhkan pendidikan khusus dan bantuan dalam beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk dapat membantu individu dengan autisme mengembangkan diri sepanjang kehidupan mereka, dibutuhkan pengetahuan tentang cara-cara penanganan yang tepat dan pemahaman tentang keunikan setiap individu. Disamping itu perlu adanya kerjasama yang baik diantara orangtua, terapis/guru, dokter dan psikolog sehingga penanganan yang diberikan tidak saling berbenturan dan menyeluruh. Berlandaskan pemikiran tersebut, Yayasan Autisme Indonesia akan menyelenggarakan seminar dengan mengambil topik “The Life Cycle of Individuals with Autism”.

 Tujuan

  1. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia  (World Autism Awareness Day) yang jatuh setiap tanggal 2 April.
  2. Memberikan informasi tentang penanganan dan pendampingan yang efektif bagi individu dengan autisme sepanjang siklus kehidupan mereka.

Para nara sumber terdiri dari profesional, terapis,  orangtua dan juga individu dengan autisme. Dengan demikian, seminar ini tidak hanya menyajikan informasi yang bersifat ilmiah, tetapi juga membagikan pengalaman-pengalaman berharga tentang berbagai permasalahan dan cara penanganannya dari keluarga dengan individu autisme.

Sasaran

Seminar ini ditujukan untuk  para orangtua dengan anak berkebutuhan khusus (khususnya autisme), guru sekolah umum dan sekolah khusus, terapis, psikolog, dokter anak, mahasiswa, dan para pemerhati autisme. Peserta yang diharapkan hadir dalam seminar  ini adalah sebanyak 400 orang.

Waktu dan Tempat

Seminar berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 25 dan 26 April 2015 hari Sabtu dan Minggu, bertempat di  Indonesian Banking School (IBS), Jl. Kemang Raya no. 35, Jakarta Selatan.

Biaya seminar: Rp. 500.000 900.000,- (termasuk lunch & snack, seminar kit dan sertifikat)
Pendaftaran: Tari (085101555643) dan Dian (081906322099)

Biaya seminar harap ditransfer ke rekening Bank Mandiri nomor: 101-00-06956971 atas nama Yayasan Autisma Indonesia serta bukti transfer dikirim melalui email ke [email protected].

 

Seminar ini dipersembahkan oleh:

Yayasan Autisma Indonesia
Apartemen Kalibata City,
Tower Jasmine, lt. 2 02 CC
Jl. Kalibata Raya no. 1
Jakarta Selatan 12750

  • Yayasan Autisma Indonesia
    Jasmine Tower Lt. 2, #CC02,
    Apartemen Kalibata City
    Jl. Kalibata Raya no. 1,
    Jakarta 12750
    Tlp. 0851 01 555 643
    [email protected]

     

    Instagram